POCARI
SWEAT
Oleh Firza
Maulana Nasution*
Sejarah Singkat Pocari
Sweat
Pocari
Sweat merupakan minuman isotonik yang pada awalnya diproduksi di Jepang. Produsennya adalah PT Otsuka Pharmaceutial, suatu perusahaan farmasi yang tidak membuat
produk sesuai keinginan pasar, akan tetapi perusahaan ini membuat produk
berdasarkan riset atau bukti-bukti ilmiah, baru kemudian memperkenalkannya ke
pasar.
Kemasan Pocari Sweat
Pocari
sweat dikemas dalam bentuk botol botol yang unik dan mungil sedangkan aquris
dikemas dalam bentuk botol yang sederhana,
selain dalam bentuk botol pocari sweat memiliki kemasan dengan bentuk
kaleng, serta sachet. Botol Pocari sweat terbuat dari plastik, memiliki warna
biru dan putih yang tidak jauh berbeda dalam kemasan minuman isotonik aquarius.
Botol pocari sweat tersedia dalam isi 350 ml, 500 ml, 900 ml, dan 1 L. Dipermukaan
botol Pocari Sweat terdapat komposisi, expired, legalitas, dan barcode
8997035600133, serta nama perusahaan.
Kandungan Pocari Sweat
Pocari Sweat mempunyai rasa ringan, tidak berkarbonat, dan
diiklankan sebagai “minuman pengganti ion”. Memiliki rasa jeruk dengan sedikit
sensasi. Bahan komposisinya adalah gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium
klorida, kalium klorida, kalsium laktat, dan magnesium karbonat.
Pocari
sweat tidak mengandung soda tetapi pocari sweat mengandung ion-ion elektrolit
yang berperan dalam metabolisme tubuh seperti ion kation Na+,
K+, Ca 2+, Mg2+, Dan ion anion Cl-,
Sitrat 2-, Laktat-. Jadi dengan ada nya ion-ion
elektrolit tersebut pocari sweat dapat membuat tubuh kita yang lelah karena
banyak beraktivitas menjadi semangat dan
segar kembali. Pocari sweat tidak mengandung pengawet dan tidak menggunakan
pemanis buatan. Pocari sweat tidak menimbulkan iritasi lambung ataupun
ketagihan. Pocari sweat rendah kalori, sehingga tidak menyebabkan kegemukan.
Khasiat Pocari Sweat
Pocari sweat mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan
elektrolit yang seimbang sehingga dapat diserap tubuh lebih cepat dan lebih
baik dibandingkan air minum biasa, sehingga menceggah terjadinya dehidrasi.
Manajemen Produksi
Pocari sweat diproduksi degan teknologi yang cangggih dan
modern sehingga produk yang dihasilkan adalah produk yang berkualitass tinggi,
walaupun tanpa menggunakan bahan tambahan. Terbukti pada tahun 2006 Amerta
Indah Otsuka memperoleh sertifikat HACCP sebagai pengakuan international atas
sistem manajemen mutu pangan aman untuk dikonsumsi.
Cara Pemasaran
(Promosi)
Segmen
pasar yang ingin dibidik Pocari adalah masyarakat umum yang beranggapan bahwa
minuman isotonik ini dapat memulihkan tenaga. Oleh karena itu manajemen Amerta Indah
Otsuka membentuk tim detailer. Mereka ditugasi para opinion leader
semisal para dokter agar mau merekomendasi Pocari kepada pasiennya. Kemudian Amerta Indah Otsuka pun melakukan
presentasi untuk mengedukasikan Pocari di berbagai forum, misalnya acara-acara
seminar. Amerta Indah Otsuka memiliki
tim-tim khusus yang disiapkan untuk melakukan presentasi. Para salesman Pocari
adalah marketer yang sekaligus berfungsi untuk memberikan edukasi dan
penjelasan.
Promosi
juga dilakukan melalui kegiatan sampling di berbagai target pasar potensial
seperti sport center dan spa. Selain itu, sampling juga dilakukan di
sekolah-sekolah seperti memberi penjelasan kepada siswa tentang manfaat Pocari.
Mereka berprinsip, jika konsumen tidak
diberi kesempatan mencoba gratis, mungkin mereka tak akan pernah mencoba
selamanya.
Konsumen Setia
Pocari
sweat dapat dinikmati oleh siapa saja. Mulai dari anak-anak usia 1 tahun
keatas, hingga usia lanjut. Bahkan bisa juga dinikmati oleh ibu hamil, setelah
melahirkan ataupun selama masa menyusui. Pocari sweat juga dapat dinikmati kapan saja. Jadi tidak
perlu menunggu habis sakit atau habis olahraga.
*Penulis adalah Siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Matauli
Pandan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar