Kamis, 30 April 2015

Teks Hasil Observasi

       POCARI SWEAT
Oleh Firza Maulana Nasution*




Sejarah Singkat Pocari Sweat
Pocari Sweat merupakan minuman isotonik yang pada awalnya diproduksi di Jepang.  Produsennya adalah PT Otsuka Pharmaceutial,  suatu perusahaan farmasi yang tidak membuat produk sesuai keinginan pasar, akan tetapi perusahaan ini membuat produk berdasarkan riset atau bukti-bukti ilmiah, baru kemudian memperkenalkannya ke pasar.
Kemasan Pocari Sweat
Pocari sweat dikemas dalam bentuk botol botol yang unik dan mungil sedangkan aquris dikemas dalam bentuk botol yang sederhana, selain dalam bentuk botol pocari sweat memiliki kemasan dengan bentuk kaleng, serta sachet. Botol Pocari sweat terbuat dari plastik, memiliki warna biru dan putih yang tidak jauh berbeda dalam kemasan minuman isotonik aquarius. Botol pocari sweat tersedia dalam isi 350 ml, 500 ml, 900 ml, dan 1 L. Dipermukaan botol Pocari Sweat terdapat komposisi, expired, legalitas, dan barcode 8997035600133, serta nama perusahaan.
Kandungan Pocari Sweat
Pocari Sweat mempunyai rasa ringan, tidak berkarbonat, dan diiklankan sebagai “minuman pengganti ion”. Memiliki rasa jeruk dengan sedikit sensasi. Bahan komposisinya adalah gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, dan magnesium karbonat.

Pocari sweat tidak mengandung soda tetapi pocari sweat mengandung ion-ion elektrolit yang berperan dalam metabolisme tubuh seperti ion kation Na­­+, K+, Ca ­2+, Mg2+, Dan ion anion Cl-, Sitrat 2-, Laktat-. Jadi dengan ada nya ion-ion elektrolit tersebut pocari sweat dapat membuat tubuh kita yang lelah karena banyak beraktivitas menjadi  semangat dan segar kembali. Pocari sweat tidak mengandung pengawet dan tidak menggunakan pemanis buatan. Pocari sweat  tidak menimbulkan iritasi lambung ataupun ketagihan. Pocari sweat rendah kalori, sehingga tidak menyebabkan kegemukan.
 Khasiat Pocari Sweat
Pocari sweat mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan elektrolit yang seimbang sehingga dapat diserap tubuh lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga menceggah terjadinya dehidrasi.
Manajemen Produksi
Pocari sweat diproduksi degan teknologi yang cangggih dan modern sehingga produk yang dihasilkan adalah produk yang berkualitass tinggi, walaupun tanpa menggunakan bahan tambahan. Terbukti pada tahun 2006 Amerta Indah Otsuka memperoleh sertifikat HACCP sebagai pengakuan international atas sistem manajemen mutu pangan aman untuk dikonsumsi.
Cara Pemasaran (Promosi)
Segmen pasar yang ingin dibidik Pocari adalah masyarakat umum yang beranggapan bahwa minuman isotonik ini dapat memulihkan tenaga. Oleh karena itu manajemen Amerta Indah Otsuka membentuk tim detailer. Mereka ditugasi para opinion leader semisal para dokter agar mau merekomendasi Pocari kepada pasiennya.  Kemudian Amerta Indah Otsuka pun melakukan presentasi untuk mengedukasikan Pocari di berbagai forum, misalnya acara-acara seminar. Amerta Indah Otsuka  memiliki tim-tim khusus yang disiapkan untuk melakukan presentasi. Para salesman Pocari adalah marketer yang sekaligus berfungsi untuk memberikan edukasi dan penjelasan.

Promosi juga dilakukan melalui kegiatan sampling di berbagai target pasar potensial seperti sport center dan spa. Selain itu, sampling juga dilakukan di sekolah-sekolah seperti memberi penjelasan kepada siswa tentang manfaat Pocari. Mereka berprinsip,  jika konsumen tidak diberi kesempatan mencoba gratis, mungkin mereka tak akan pernah mencoba selamanya.
Konsumen Setia
Pocari sweat dapat dinikmati oleh siapa saja. Mulai dari anak-anak usia 1 tahun keatas, hingga usia lanjut. Bahkan bisa juga dinikmati oleh ibu hamil, setelah melahirkan ataupun selama masa menyusui. Pocari sweat  juga dapat dinikmati kapan saja. Jadi tidak perlu menunggu habis sakit atau habis olahraga.

*Penulis adalah Siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Matauli Pandan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar